Serap Aspirasi Bappeda Gelar Konsultasi Publik RKPD 2018

Mar 09, 17 Serap Aspirasi Bappeda Gelar Konsultasi Publik RKPD 2018

Demi menyerap aspirasi, saran, harapan masyarakat terkait prioritas dan sasaran pembangunan di Kabupaten Kutai Kartanegara Tahun 2018, Bappeda Kutai Kartanegara menggelar Konsultasi Publik Rancangan Awal Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) Kamis 2/2017 lalu.

Konsultasi Publik ini juga merupakan tahapan mekanisme Musrenbang perencanaan pembangunan sebagai wujud implementasi perencanaan yang partisipatif, aspiratif, dan terpadu.
Dalam laporannya ketua panitia yang juga Sekretaris Bappeda Kutai Kartanegara mengatakan RKPD merupakan salah satu dokumen perencanaan pembangunan yang diamanahkan oleh Undang Undang (UU) No.25/2004 kepada pemerintah daerah untuk disusun setiap tahunnya.
Sementara itu Wakil Bupati Kutai Kartanegara, Edi Damansyah saat membuka acara mengatakan proses pembangunan daerah pada hakikatnya ditentukan oleh kualitas perencanaan yang dilakukan.


“Perencanaan yang baik, adalah pada saat proses perencanaan telah mampu memberikan jawaban atas segala permasalahan pembangunan dan kebutuhan masyarakat secara tepat, riil, terukur dan berkesinambungan” Ujar Edi.
Ditambahkannya pula dengan adanya Konsultasi Publik ini kita bisa mendapatkan masukan penting dari para stakeholder, partisipasi masyarakat sangat penting dalam mewujudkan perencanaan yang efektif dan strategis, sehingga bisa menghasilkan pembangunan yang baik dan dapat meningkatkan kualitas hidup serta mampu mengantisipasi perubahan dan dinamika bagi masyarakat.
“ Rancangan ini masih banyak kelemahannya kami berharap adanya masukan dari seluruh komponen masyarakat yang ada di Kutai Kartanegara,” ujar Edi.
Pada kesempatan ini juga Edi menegaskan saat ini situasi dalam keterbatasan, maka rencanakan yang menjadi Skala prioritas kebutuhan masyarakat di tengah menurunnya keuangan, kita juga harus bekerja keras bagaimana potensi PAD bias tergali dengan baik.
Acara yang berlangsung selama sehari ini digelar di Ruang Kartanegara Bappeda Kutai Kartanegara, di hadiri oleh seluruh Kepala OPD, Ketua DPRD, Rektor Unikarta, Tokoh Masyarakat, Ormas, dan Mahasiswa dan diakhiri dengan penandatanganan berita acara kesepakatan hasil forum Konsultasi Publik.