Rakor Bappeda Se Kalimantan Timur 2019 Hasilkan 6 Kesepakatan

 

 

Rakor Bappeda se Kalimantan Timur 2019 yang dihelat tanggal 18-19 Februari 2019 di Ruang Rapat Martapura Kantor Bappeda Kutai Kartanegara di Tenggarong Kabupaten Kutai Kartanegara telah berakhir. Rakor tersebut dibuka oleh Gubernur Kalimantan Timur dan dihadiri oleh pimpinan dan staf Bappeda se Kalimantan Timur menghasilkan 6 kesepakatan.

Dengan berdasarkan arahan Gubernur Kaltim, sambutan dan arahan Bupati Kutai Kartanegara, Pengarahan Menteri Bappenas yang diwakili Staf Ahli Menteri Bidang Pemerataan dan Kewilayahan, paparan Kepala Bappeda Kalimantan Timur sertqa mempertimbangkan hasil diskusi, tanggapan, saran dan masukan dari dalam forum, maka dihasilkan 6 butir kesepakatan, yakni :

1. Hasil Rpat Koordinasi Bappeda se Kalimantan Timur Tahun 2019 selanjutnya akan menjadi bahan penyempurna rancangan awal RKPD Provinsi dan kabupaten/Kota tahun 2020.

2. Sebagai upaya membangun sinkronisasi dan sinergitas antara RKP, RKPD Provinsi dan RKPD Kabupaten/Kota, maka arah kebijakan pembangunan kewillayahan sebagaimana tercantum pada lampiran berita acara kesepakatan ini, menjadi acuan dalam penyusunan RKPD kabupaten /Kota tahun 2020.

3. Arah kebijakan pembangunan kewilayahan sebagaimana dimaksud pada diktum kedua merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari berita acara kesepakatan ini, dan selanjutnya dibahas lebih detail pada forum Perangkat Daerah dan Pra Musrenbang RKPD Provinsi Kalimantan Timur tahun 2019.

4. Terhadap target pertumbuhan ekonomi dan kemiskinan tahun 2020 pada masing-masing Kabupaten/Kota , koreksi/masukan/penajaman disampaikan ke Bappeda Provinsi Kalimantan Timur paling lambat pada minggu ketiga bulan Maret 2019.

5. Pelaksanaan Musrenbang RKPD kabupaten/Kota tahun 2019 dilaksanakan paling lambat minggu ketiga bulan Maret 2019 dan Musrenbang RKPD Provinsi tahun 2019 pada minggu pertama bulan April 2019.

6. Pelaksanaan Rakor Bappeda se Kalimantan Timur tahun 2020 akan diselenggarakan di Kabupaten Penajam Paser Utara selambat-lambatnya minggu kedua bulan Februari 2020.

Kesepakatan ini akan mewarnai kebijakan-kebijakan perencanaan di seluruh institusi Bappeda di Kalimantan Timur. Berita acara tersebut dibuat pada tanggal 19 Februari 2019 dan ditandatangani oleh 10 orang pejabat Bappeda se Kalimantan Timur yaitu :
Kepala Bappeda Provinsi Kalimantan Timur – Drs. H. Sufian Agus, M.Si.,
Kepala Bappeda Kota Samarinda – Hj. Susy Sukmawati, ST, MT.,
Kepala Bappeda dan Litbang Kota Balikpapan –  Nining Surtiningsih,
Kepala Badan Perencanaan dan Litbang Kota Bontang – Drs. Sudi Priyanto, M.Si.,
Kepala Bappeda Kabupaten Kutai Kartanegara – Wiyono, SIP, MM. Si.,
Kepala Badan Perencanaan dan Litbang Kabupaten Kutai Barat – Ir. H. Achmad Sofyan, M. M.,
Kepaala Bappeda Kabupaten Kutai Timur, – Akhmad Fauzan,SE., M.Si.
Kepala Badan Perencanaan dan Litbang Kabupaten Berau – Ir. Agus Wahyudi, MM.,
Kepala Bappeda Kabupaten Paser – H. Muksin, S.S., MA.,
Kepala Badan Perencanaan dan Litbang Kabupaten Penajam Paser Utara – Hadi Saputro, SE, MT.,
Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Litbang Daerah Kabupaten Mahakam Ulu DR. Stephanus Madang, S.Sos., M.Si.