Konsultasi Publik Ranwal RKPD Kukar 2020 digelar

 

Dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah / RKPD Tahun Anggaran 2020, Bappeda Kabupaten Kutai Kartanegara  menggelar Konsultasi Publik Rancangan Awal RKPD Tahun 2020, di Ruang Kartanegara Bappeda, Rabu (06/02).

Ketua Panitia, Agus Suharto mengatakan Konsultasi Publik ini merupakan rangkaian tahapan dalam penyusunan perencanaan pembangunan daerah sebelum perumusan rancangan akhir RKPD. Hal ini didasarkan pada Permendagri No. 86 Tahun 2017 untuk mendapatkan masukan penting dan saran penyempurnaan terhadap Rancangan Awal RKPD.

“ Forum hari ini merupakan tahapan dalam penyusunan perencanaan pembangunan daerah sebelum perumusan rancangan akhir RKPD, hal ini didasarkan pada Permendagri No.86 Tahun 2017 guna mendapatkan saran dan masukan untuk penyempurnaan Rancang awal RKPD ini “ ujar Agus.

Ditambahkannya pula Tema Konsultasi Publik Tahun ini mengangkat Tema “ Transformasi Ekonomi dan Kesejahteraan Masyarakat”.

Setelah pelaksanaan Forum Konsultasi Publik Rancangan Awal RKPD maka akan dilanjutkan dengan pelaksanaan Musrenbang RKPD 2020 di Kecamatan. Yang dijadwalkan tanggal 12 s/d 20 Maret 2019 di 18 Kecamatan.

Sementara itu Bupati Kutai Kartanegara dalam sambutannya yang di bacakan oleh Sekretaris Daerah, Sunggono menyampaikan beberapa permasalahan pokok Kabupaten Kutai Kartanegara yang menjadi perhatian Bersama yakni :

  1. Belum optimalnya pengembangan potensi ekonomi terbarukan sebagai penopang perekonomian masyarakat.
  2. Masih tingginya angka kemiskinan Kutai Kartanegara, dengan jumlah penduduk miskin tertinggi di Provinsi Kalimantan Timur, dengan jumlah 56.563 orang atau 7,41% terhadap penduduk Kutai Kartanegara tahun 2018.
  3. Belum optimalnya pemanfaatan potensi ekonomi daerah dalam perspektif pengembangan ekonomi wilayah secara terintegrasi.

Tiga pokok permasalahan tersebut diorientasikan sebagai dasar perumusan kebijakan pembangunan daerah tahun 2020, sebagai penjabaran dari RPJMD Kutai Kartanegara 2016-2021.

Forum Konsultasi Publik ini dihadiri oleh Ketua DRPD Kutai Kartanegara, Unsur Forum Forkompinda, Camat,  Perguruan Tinggi dan BEM, Ormas, LSM, Perusahaan Daerah / Swasta, Tokoh Masyarakat diakhiri dengan penyerahan pokok pokok pikiran DPRD sertapenandatanganan Kesimpulan dan Berita Acara Forum Konsultasi Publik.