Pemkab Kukar – PT. PHM Bahas Rencana Program dan Kolaborasi

Apr 25, 19 Pemkab Kukar – PT. PHM Bahas Rencana Program dan Kolaborasi

Sebagai tindak lanjut pertemuan terdahulu Pemerintah Kabupaten Kutai Kartenagara dan PT. Pertamina Hulu Mahakam (PT.PHM) kembali menggelar diskusi membahas program dan kegiatan  serta rencana Kolaborasi berkaitan dengan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (TJSP). Pertemuan dilakukan di SwissBell Hotel Samarinda dihadiri Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait yaitu Bappeda, Dinas Kelautan dan Perikanan, Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan, Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Disperidag, Dinas Koperasi, dan Dinas Pariwisata, Rabu 24/04/2019.

 

Sekretaris Bappeda Agus Suharto selaku Ketua Tim Fasilitasi TJSP menjelaskan pertemuan ini membahas sinergi pembangunan daerah melalui TJSP PT. PHM, pelaksanaan TJSP ini sifatnya bukan usulan-usulan perorangan atau kelompok yang dimuat dalam Renja Program Pengembangan Masyarakat PT.PHM, untuk itu perlu menyamakan persepsi kita dalam sinergi perencenaan dari hulunya dulu berkaitan dengan apa yang ingin direncanakan oleh TJSP PHM maupun yang akan dilaksanakan oleh Pemerintah Daerah khususnya di perangkat daerah.

 

Pada kesempatan ini juga Agus Suharto berharap bukan hanya sinergi, tapi kolaborasi program, apa yang bisa di support oleh Pemerintah Daerah dengan program program strategis PT. PHM dan begitu juga sebaliknya. “Pada prinsinya ingin memadukan dan memperkuat rencana program kegiatan baik dari pihak PT. PHM maupun Rencana Strategis Pemerintah Daerah melalui OPD. Sehingga outputnya adalah satu role model berkaitan dengan sinergi perencanaan” Papar Agus Suharto.

 

Kepala Departemen CSR PHM, Elis Fauziyah pada kesempatan ini menjelaskan pertemuan ini merupakan tindak lanjut dari pertemuan sebelumnya guna membahas program – program yang telah direncanakan serta membahas Renstra dan Renja 5 tahun kedepan,  dan secara spesifik membahas rencana program di tahun 2019.

Dalam pertemuan ini membahas beberapa Program Unggulan  yakni :

  • Program Sekolah Hijau Rawa Hutan.
  • Program Petani Millenial
  • Program Betulungan Beberseh Kampong
  • Program Kampong BMW ( Bekantan Mangrove Widyawisata )
  • Program Nelayanku Hebat
  • Program Juragan Sampah ( Juara Dengan Sampah )
  • Program Petani Muda Maju 4.0 ( Mandiri Sejahtera dan Unggul )

Untuk diketahui program / kegiatan Pemda Kukar fokus kepada pemberdayaan masyarakat dan optimaslisasi  peran pemuda dan perempuan, penguranan tingkat kemiskinan dan penganguran serta peningkatan kemampuan / pendapatan masyarakat kedepannya.

 

Pada kesempatan ini juga Agus Suharto menegaskan bahwa khususnya untuk perangkat daerah jangan sampai ada image bahwa kita mencari dana pembiayaan kegiatan kegiatan perangkat daerah ditawarkan ke pihak perusahaan.  Prinsip kita adalah sinergi yang mana bisa kita kerjasamakan yang menjadi kemitraan dari TJSP ini sendiri, jelas Agus. (Np)