Bappeda Bentuk Majelis Tartil Al – Qur’an

Jun 20, 19 Bappeda Bentuk Majelis Tartil Al – Qur’an

 

Guna meningkatkan syi’ar agama Islam dalam rangka membangun karakter masyarakat muslim di Kutai Kartanegara khususnya Aparatur Sipil (ASN) yang beriman dan bertakwa yang bisa menjadi tauladan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, Bappeda Kukar membentuk Majelis Tartil Alqur’an. Hal ini sesuai dengan Peraturan Bupati Kutai Kartanegara Nomor 24 Tahun  2016  tentang Gerakan Etam Mengaji ( GEMA ) dan Instruksi Bupati Kutai Kartanegara pada Apel Hari Senin Tanggal 10 Juni 2019.

Gerakan Etam Mengaji (GEMA) bagi ASN Bappeda Kukar  dirutinkan melalui Majelis Tartil Al-Qur’an dengan cara taddarus sebelum memulai pekerjaan.

Kepala Bappeda Wiyono menjelaskan ini merupakan hal positif yang  bisa mendatangkan berkah dan dapat meningkatkan kecerdasan emosional dan spritual para ASN.

Ditambahkan Wiyono, kebijakan Bupati ini adalah agar setiap tuntunan dan petunjuk yang terdapat dalam Al Qur’an dapat diterapkan oleh para ASN dalam melaksanakan tugasnya serta dalam kehidupan sehari- hari.

Sementara itu Sekretaris Bappeda Kukar Agus Suharto, menjelaskan dibentuknya Majelis Tartil Qur’an di Bappeda ini bertujuan untuk :

  1. Menumbuhkan gerakan membaca AI-Quran, baik secara individu maupun bersama-sama (berjama’ah) di lingkungan Bappeda.
  2. Menumbuhkan ghirah dan kecintaan terhadap kitab suci AI-Qur’an
  3. Memberantas buta aksara AI -Qur’an
  4. Membentuk kepribadian berdasarkan AI-Qur’an dan mencegah kerusakan moral
  5. Sebagai tempat pembinaan, bimbingan dan media kegiatan belajar Al-Our’an

Dengan adanya GEMA ini diharapkan ASN di lingkungan Bappeda selain membaca, juga dapat mentadaburi dan memahami makna – makna yang terkandung di dalam Al-qur’an sebagai petunjuk dalam menjalankan peran sebagai ASN dan sebagai makhluk Tuhan.