Fasilitasi Konsultasi Publik Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (TJSP)

Sep 24, 19 Fasilitasi Konsultasi Publik Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (TJSP)

Bappeda Kabupaten Kutai Kartanegara sebagai Koordinator Tim Fasilitasi TJSP Kabupaten Kutai Kartanegara, laksanakan Koordinasi dan konsultasi Penyusunan Rencana Induk Pengembangan dan pemberdayaan masyarakat (RIPP) PT. Adimitra Baratama Nusantara yang wilayah operasionalnya berada di Kecamatan Sanga-Sanga. Kegiatan ini dihadiri oleh Camat Sanga-Sanga, Lurah Pendingin dan Lurah Jawa, bersama Organisasi Perangkat Daerah terkait seperti Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Dinas Kesehatan, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Satu Pintu, Dinas Perkebunan, Dinas Pertanian dan Peternakan, Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Dinas Pertanahan.
Agus Suharto, selaku Ketua Tim Fasilitasi TJSP, mengatakan bahwa Agenda Kerja yang di bahas pada pertemuan ini adalah Sinkronisasi target dan sasaran dari Rencana Induk Pengembangan dan pemberdayaan masyarakat (RIPP) dengan Program Pemerintah daerah yang disesusaikan dengan Data, Potensi, Masalah pada lokasi Prioritas.
Dalam paparan RIPP PT. Adimitra Baratama Nusantara yang di sampaikan oleh Novenanto, rencana program yang akan dilakukan dalam 5 tahun kedepan adalah peningkatan Kemandirian dan kesinambungan masyarakat melalui strategi:
1. Kemandirian ekonomi masyarakat
2. Penguatan kapasitas SDM
3. Mata pencaharian yang berkesinambungan
Adapun program unggulan yang akan dilaksanakan oleh PT. Adimitra Baratama Nusantara adalah Pengembangan Agropolitan dan Pengembangan Pertanian dan Peternakan selain itu juga ada beberapa program pendukung yang akan dilaksanakan seperti “Edu Runner” yang telah berjalan baik selama ini, yaitu program kepedulian terhadap pendidikan, ABN Scholar, serta Kesehatan, pendidikan.
Agus Suharto berharap dari Program yang dipaparkan dapat diimplementasikan dengan baik sehingga tidak hanya menjadi dokumen perencanaan. Selain itu Pihak Perusahaan diharapkan dapat memberikan laporan berkala terkait pelaksanaan TJSP kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Kutai Kartanegara melalui Laporan Tahun/Annual Report di Bappeda. (Fnam)